Thursday, June 28, 2007

FOKUS


Matahari secara fisik adalah benda panas yang ukurannya ratusan kali lebih besar dari pada ukuran bumi. Walaupun menghasilkan panas yang luar biasa besar, ternyata panas matahari tidak mampu menghanguskan bumi yang ukurannya jauh lebih kecil. Jangankan bumi, manusia yang dijemur di terik matahari-pun hanya bisa dibuat ‘gosong’ tapi tidak sampai terbakar hingga hancur berkeping-keping. Mengapa??

Karena panas matahari itu tersebar ke segala penjuru alam semesta. Tidak terfokus pada satu tempat saja. Berbeda dengan sinar laser yang mampu mengoyak tubuh kita hingga hingga berkeping-keping karena sinar laser memiliki panas yang difokuskan pada satu titik saja.


Analogi diatas sama dengan cara kerja otak kita. Saat Anda melakukan banyak hal dalam satu waktu, hasilnya tidak akan maksimal. Sangat sulit menyerap ilmu saat Anda membaca buku sambil ngobrol bersama teman-teman Anda. Anda harus fokus dan fokus.

Ada teori menarik dari seorang pakar Manajemen, Pareto. Pareto menemukan hukum 80/20 yang menjelaskan bahwa :



20 persen dari usaha membawa 80 persen dari hasil
20 persen dari sebab menyebabkan 80 persen dari akibat


Fokus pada 20 persen hal yang kritikal dalam aktivitas Anda akan membawa Anda pada kesuksesan yang hebat. Itulah gunanya bekerja kreatif, cerdas dan serius. Dengan fokus pada persoalan, Anda akan mampu melihat celah yang tidak bisa dilihat dengan cara biasa.

Gambar dibawah ini adalah contoh sederhana tentang pentingnya fokus. Dengan cara biasa, Anda hanya akan melihat titik-titik yang berputar secara teratur. Namun, coba fokuskan pada tanda plus (+) di tengah selama beberapa saat. Anda akan melihat hal lain yang hanya tampak bila dilihat dengan konsentrasi penuh dan terfokus. Semoga bermanfaat.


Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket



-----
Saatnya berbisnis lewat internet. Bergabunglah bersama Adsense.
Bagi yang ingin tahu lebih jauh silahkan download (klik disini)

0 comments: