Wednesday, June 6, 2007

MENEMBUS BATAS

Samy adalah seorang anak kecil berusia belasan tahun yang tidak jauh berbeda dengan teman-teman sebayanya. Saat teman-teman sebayanya tergila-gila dan bermimpi menjadi pemain sepak bola kelas dunia, Samy justru memiliki ketertarikan di bidang lainnya. Ia sangat ingin menjadi seorang pemain catur kelas dunia.

Disekitar tempat tinggalnya, hanya ada satu tempat yang mangajarkan cara bermain catur dengan baik. Jaraknya sekitar 30 Km dari rumah Samy. Untuk seorang anak-anak, itu adalah jarak tempuh yang sangat jauh. Samy tidak dilahirkan dari keluarga berada sehingga ia harus mengayuh sepedanya sepanjang 30 Km pulang dan pergi demi mewujudkan mimpinya menjadi pecatur kelas dunia.

Sayangnya, Samy bukanlah orang yang cukup berbakat bermain catur. Di sekolah catur tempat ia belajar, ia tidak pernah mencapai prestasi yang memuaskan para pendidik di sekolah tersebut. Samy bahkan disarankan oleh beberapa orang gurunya agar berhenti belajar bermain catur karena dianggap tidak berbakat. Dia disarankan untuk pindah sekolah.

Awalnya, ia sempat kecewa mendengar saran dari guru-gurunya. Tapi dia tetap nekat terus belajar bermain catur di tempat itu. Dia tetap yakin dirinya akan mampu bersaing dengan siswa yang lain dengan belajar lebih keras dan lebih keras lagi. Melihat kegigihannya, akhirnya para guru memberikan satu kesempatan untuk menguji kemampuannya. Hasilnya…? Samy kalah lagi untuk kesekian kalinya.

Perlu bakat besar untuk menjadi pemain catur handal, begitulah kata para pendidik di sekolahnya. Dan Samy bukanlah orang yang mereka maksud. Untuk kesekian kali pula mereka mencoba membuat Samy frustrasi dan putus asa agar mau meninggalkan sekolah catur tersebut dan memulai hidup baru diluar dunia catur.

Namun Samy tetap rajin datang dan belajar setiap hari. Sikap ndableg-nya ini justru membuat para guru frustrasi dan jengkel. Mereka mencoba strategi lain, yaitu memasukkan Samy di kelas sore. Melihat jarak tempuh yang sangat jauh, pastilah Samy akan menyerah karena harus pulang larut malam. Namun Samy tetap saja datang ke sekolah dan tak kenal kata menyerah. Ia bahkan tercatat sebagai siswa yang tidak pernah absen apalagi terlambat masuk kelas.

Samy adalah Gary Kasparov. Pecatur kelas dunia asal Rusia yang melegenda hingga saat ini. Semangat dan keyakinannya telah merubah dirinya dari manusia biasa menjadi luar biasa. Gary Kasparov tidak hanya disegani di dunia catur level dunia. Di negaranya – Rusia – ia adalah salah satu tokoh politik berpengaruh yang sangat dihormati oleh rakyat Rusia hingga saat ini.

Selalu ada luka dalam kehidupan orang-orang sukses. Bahkan tak jarang luka itu menyayat sangat dalam hingga tak bisa dilupakan bahkan oleh orang yang hanya kebagian ceritanya saja untuk dijadikan pelajaran hidup.

Kisah diatas hanyalah seklumit luka yang pernah dialami oleh Gary Kasparov sebelum ia mencapai kesuksesan. Sebuah sikap mental positif yang layak untuk kita teladani. Apakah Anda berani mengikuti jejak mencoba menembus keterbatasan Anda..?


Blog penghasil dollar $$.... (klik disini)

0 comments: