Wednesday, April 18, 2007

MENJADI SEORANG MARKETER ANDAL

Setiap orang adalah seorang Marketer. Pakar marketing dari AS, Dr. Stanley Thomas, memperkenalkan metode tentang bagaimana cara memasarkan, menjual, serta menjalin hubungan kerjasama (relationship) dengan berbagai pihak agar kegiatan marketing mencapai sukses.
Berikut beberapa persyaratan dasar yang setidaknya harus dimiliki seorang marketer agar dirinya menjadi seorang marketer yang andal.

1. Berani
Sifat dasar yang harus melekat pada diri seorang marketer adalah kemampuannya mengatasi ketakuta untuk ditolak. Pada saat sales menawarkan suatu produk ataujasa, kepada konsumen, dihadapannya hanya ada dua jawaban: Dibeli atau ditolak. Tentunya sales akan senang jika produknya dibeli konsumen. Namun, lain halnya jika jawaban yang diterima adalah sebuah penolakan. Seorang marketer tidak akan surut semangatnya menghadapi kenyataan itu, bahkan dia akan menganggapnya sebagai sebuah tantangan. Sales yang baik harus belajar menerima dan hidup dengan keadaan itu. Dia akan selalu mencoba dengan teknik baru.
2. Pengetahuan
Sudah sepantasnya seorang marketer membekali dirinya dengan segudang pengetahuan, baik pengetahuan tentang produk atau jasa yang ditawarkan, maupun pengetahuan praktik lain yang menunjang kegiatan penjualan. Membangun pengetahuan tidak dengan menjual semua produk dan menawarkannya kepada semua orang, tapi dapat dimulai dengan satu macam produk. Sukses tahap awal ini dapat berlanjut pada produk lain.
Begitupun terhadap konsumen, dia akan memilih selektif konsumen mana yang prospek. Pengetahuan yang dimilikinya ini akan semakin bertambah seiring dengan pengalamannya.
3. Strategi Penjualan
Bekal pengetahuan tentang produk dan target konsumen yang akan dibidik memang penting. Namun, tak kalah pentingnya adalah strategi atau teknik menjual. Banyak sales yang akhirnya gagal mencapai target penjualan, meskipun dia adalah seorang yang berpendidikan yang luas pengetahuannya hanya lantaran dia tidak menguasai teknik penjualan. Bagaimana meyakinkan konsumen agar produk diserap pasar membutuhkan teknik dan strategi khusus yang mesti dimiliki seorang marketer.
4. Sumber Informasi
Salah satu kemampuan memperoleh informasi dan mengolahnya menjadi sebuah pedoman yang digunakan untuk kegiatan pemasaran merupakan hal yang harus dipunyai seorang marketer. Informasi di sini bisa digali dari banyak aspek, seperti temuan lapangan, riset ilmiah ataupun referensi lainnya. Stanley mengingatkan, semua orang bisa saja mendapatkan informasi, namun tidak semua orang bisa mengolahnya menjadi sebuah referensi. Karenanya, kita harus selektif menerima informasi. Tidak semua informasi dapat memberikan kontribusi yang besar dalam mendukung kegiatan pemasaran kita, kata Stanley. Informasi di sini bisa berupa kondisi pasar, target konsumen, maupun perkembangan produk secara universal.

0 comments: