Friday, January 11, 2008

CUTI BERSAMA


Tadi pagi ibu saya pergi ke PDAM. Ngapain? ya bayar tagihan lah…eh, ternyata kantornya tutup. Cuti bersama kata beliau dengan nada sedikit kecewa. Masak iya, pikirku. Hari ini (seharusnya) bukan hari libur. tapi dikalender terdapat tanda bintang merah sebagai tanda cuti bersama. Penasaran, aku bolak-balik kalender tahun 2008 untuk mencari HARI CUTI BERSAMA yang belakangan sangat ngetrend di negeri ini.


11 Januari, 8 Februari, 2 Mei, 19 Mei, 3 Oktober, dan 26 Desember.


Wow..betapa rendahnya etos kerja orang-orang Indonesia. Sedikit-sedikit, libur di hari efektif kerja. Uniknya, instansi yang libur justru sektor-sektor yang melayani publik secara luas. Kalau pas hari efektif kerjanya maksimal itu sih tidak masalah. Nyatanya, ada beberapa instansi pelayanan publik yang hanya melayani hingga jam 12 siang tak peduli antrian banyak atau tidak, pokoknya jam 12 sudah tutup. titik!

Untuk sektor swasta ternyata tidak ada istilah cuti bersama. Entah diganti hari lain atau bagaimana saya tidak tahu. Lha wong saya sendiri bukan karyawan kantoran. Buktinya hari ini banyak sekali mereka yang masuk kerja.

Satu lagi yang mencengangkan yaitu hari libur nasional tanggal 17 Agustus 2008. Seolah tidak terima hari libur nasional jatuh di hari minggu, tanggal 18 Agustus (Senin) ikut-ikutan dijadikan hari libur. Wakakak...ada-ada saja.

Masyarakatnya saja malas-malas kok negaranya mau maju dan berkembang. Mana mungkin?

Saya jadi bertanya, apakah di negara-negara lain cuti bersama sebanyak di Indonesia ya?


0 comments: