Tuesday, January 30, 2007

TEMAN SEJATI



Teman sejati bukan hanya sekedar kawan. Mereka tidak hanya teman di saat senang, melainkan juga di saat kita sedang mengalami kesusahan. Mereka mau ikut terjun ke dalam kesulitan kita, untuk mengajak keluar dari kesulitan itu.

---
Hari ini kita akan bercerita tentang seorang pemuda yang sedang berjalan-jalan di sebuah jalan yang gelap. Kemudian, tiba-tiba saja dia jatuh ke bawah selokan. Perlahan-lahan dia harus berteriak mengharapkan pertolongan orang, tetapi tidak ada orang sehingga dia harus menunggu berjam-jam.
---

Pada jam ke lima, dia mendengar ada orang di atasnya dan ia pun berteriak minta tolong. Orang itu kemudian bertanya, "Kamu kenapa?" Pemuda itu pun menjawab, "Saya sedang jalan-jalan tetapi kemudian terjatuh ke dalam lubang yang gelap ini." Pemuda bertanya, "Anda siapa?" "Saya pendeta," jawab orang yang di atas. Tiba-tiba sebuah kertas jatuh ke bawah lubang tersebut dan pendeta ini bilang kepada pemuda tersebut, "Saya buatkan doa untuk kamu. Berdoalah kamu di bawah sana semoga kamu selamat."Sambil berkata demikian pendeta tersebut meninggalkan pemuda yang jatuh ke selokan itu.
---
Pemuda tersebut tentu saja marah. Tetapi dia diam saja dan menunggu lagi untuk beberapa jam. Beberapa saat kemudian, ada orang yang lewat lagi. Pemuda tersebut minta tolong. Orang tersebut bertanya, "Kenapa kamu?" Pemuda itu menjawab, "Saya jatuh dari atas." "Kasihan. Apakah badanmu luka-luka," tanya orang itu kemudian. "Tidak. Saya baik-baik saja. Cuma sedikit luka di tangan dan bahu saya," jawab pemuda itu. Orang ini kemudian melempar secarik kertas seperti yang dilakukan pendeta tersebut sambil berkata, "Saya seorang dokter dan saya telah buatkan resep untuk kamu."
---
Pemuda itu tentu saja sangat marah, tetapi dia diam saja. Beberapa saat kemudian lewat pula seseorang, tetapi pemuda ini sudah hampir putus asa. Tetapi dia tetap minta tolong. Orang yang di atas bertanya, "Kenapa kamu di bawah sana?"Pemuda ini terkejut karena suara ini sudah dikenalnya.Ya, ini adalah suara temannya. "Tolong saya, saya jatuh ke lubang ini." Kemudian, teman baik ini tiba-tiba meloncat dan masuk ke lubang yang sama.
---
Pemuda itu tambah marah karena bagaimana dia bisa menolong kalau dia ikut melompat ke dalam lubang tersebut. Teman ini berkata, "Saya pernah jatuh ke dalam lubang ini dan saya juga pernah masuk ke dalam lubang ini. Maka saya tahu jalan keluar lubang ini. Itulah kenapa saya ikut masuk. Karena saya akan menolong kamu untuk keluar dari lubang ini walaupun susah.
---
Kita kadang sangat butuh seorang teman sejati. Teman yang mau menolong kita pada saat terjatuh atau sedang kesusahan. Pada saat suasana bisnis yang kompetitive dan persaingan yang tajam maka, kita butuh seorang teman yang mau menolong kita. Mereka mau ikut terjun ke dalam kesulitan kita untuk mengajak keluar dari kesulitan tersebut. Kedua, yang perlu kita perhatikan sebetulnya adalah orang yang tahu kesulitan, kelemahan, dan kita mau ke mana.
---
Tidak kalah penting adalah selalu menjalinlah persahabatan dan pertemanan. Karena teman Andalah yang akan menolong bilamana Anda mengalami kesulitan. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi, tetapi kita harus tahu bahwa suatu ketika pasti mendapati kesulitan. Kalau Anda bisa menolong teman, tolonglah dia pada saat ini karena pada saatnya nanti mungkin Anda yang perlu ditolong. Maka kalau kita mau saling menolong, hidup ini akan lebih baik untuk semua orang.
---
Semoga makna persahabatan bisa Anda temukan dalam hidup ini. Amin

0 comments: