Thursday, August 30, 2007

KEBEBASAN ATAU KEBABLASAN BEREKSPRESI

Apa yang terjadi jika suatu ketika Anda bertemu dengan orang afrika berkulit gelap lalu Anda meneriakinya dengan menirukan suara monyet? Yang terjadi adalah Anda akan dianggap sebagai seorang yang rasialis.

Atau jika Anda sedang berada di barat lalu Anda mencoba merayakan sesuatu atas kegembiraan Anda dengan mengangkat satu tangan ala NAZI di jaman perang dunia ke-2, maka Anda akan dianggap sebagai kelompok Anti Semit (bener nggak nulisnya?) yang anti Yahudi dan pasti akan dikecam habis-habisan oleh orang-orang barat.

Tapi apa yang terjadi jika suatu ketika ada orang menggambar Nabi Muhammad diatas tubuh seekor anjing atau mengatakan kepada publik bahwa Alqur’an adalah ayat-ayat setan?

Maka mereka (orang-orang barat) akan menyebutnya KEBEBASAN BEREKSPRESI.

Nggak percaya..? Lihat kasus Salman Rushdie dari Inggris.

Hari ini saya membaca koran lokal yang memuat judul KARTUN NABI ADALAH PENGHINAAN. Awalnya saya mengira itu berita lama yang terjadi di Denmark, yang dimuat di harian Jyllansposten. Di harian itu dimuat karikatur Nabi Muhammad SAW yang digambarkan sebagai pria haus wanita, tahta, dan darah. ternyata ada lagi yang baru di bulan Agustus ini.

Seorang seniman Swedia Lars Vilks menggambar kartun kepala Nabi Muhammad SAW berada di badan seekor anjing.Harian lokal di Oerebro, Swedia, Nerikes Allehanda telah mempublikasikan kartun tersebut.

Orang-orang barat selalu mengatakan bahwa kelompok Islam garis keras seperti HAMAS di Palestina atau Hizbullah di Lebanon adalah sekelompok orang yang tidak mampu melepaskan diri dari dari kebencian dimasa lalu. Lalu bagaimana dengan sekelompok orang semacam Lars Vilks ini?

Bagi saya, kadangkala kelompok garis keras itu dibutuhkan juga untuk mengatasi manusia-manusia yang mencoba menghina Rasulullah SAW dengan tameng Kebebasan berekspresi seperti yang dilakukan Lars Vilks ini.

Jika menurut Anda diam adalah Emas, sebaiknya cari tempat berdiam diri yang tahan lama sekalian yaitu di......cemetery.

0 comments: